Cari Blog Ini

Rabu, 29 Juli 2009

Model pembelajaran debat aktif


Model debat aktif
Model Debat active

Membuat pembelajaran yang  menarik dan sekaligus mengaktifkan siswa banyak sekali caranya. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan model debat aktif.

Model pembelajaran debat aktif  merupakan modifikasi dari model-model diskusi terbuka yang terjadi di kalangan kampus. Bagaimana membawa suasana debat tersebut di pada jenjang pendidikan yang lebih rendah. Dimana pelaku debat adalah siswa SD yang belum banyak menguasai konsep atau argumentasi yang kuat untuk mempertahankan pendapatnya?

Model pembelajaran debat aktif tersebut dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Buatlah sebuah pernyataan yang kontroversi terhadap materi yang telah kita berikan sebelumnya. Misalnya "ayam sebenarnya juga termasuk binatang carnivora (pemakan daging)".
  2. Bentuk siswa dalam 2 kelompok besar di dalam kelas.
  3. Satu kelompok adalah sebagai kelompok "PRO" atau pendukung pernyataan tersebut, sementara satu kelompok yang lain adalah sebagai kelompok KONTRA atau kelompok yang menolak pernyataan tersebut.
  4. Silahkan tanyakan kepada kelompok PRO, mengapa mereka mendukung pernyataan tersebut. Alasan-alasan apa yang menguatkan pernyataan tersebut?
  5. Sementara untuk kelompok KONTRA harus mempertahankan pendapatnya tersebut juga disertai dengan argumentasi-argumentasi yang masuk akal.
  6. Atur lalu-lintas debat agar tidak terjadi "Debat kusir".
Model pembelajaran ini mempunyai banyak kelebihan, antara lain:
  1. memantapkan pemahaman konsep siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan.
  2. Melatih siswa untuk bersikap kritis terhadap semua teori yang telah diberikan.
  3. Melatih siswa untuk berani mengemukakan pendapat.

2 komentar:

aris dwi cahyono mengatakan...

saya sangat terbantu dalam memilih metode pembelajaran dengan adanya presentasi yang anda buat di internet, semoga membantu saya !!! amin

sany nesha mengatakan...

pak tolong kirim ke email saya kalau bapak punya artikel tentang metode pembelajaran debat. sebelumnya saya ucapkan terimakasih