Cari Blog Ini

Senin, 23 Februari 2009

Pengumuman Sertifikasi Guru Jalur Portopolio Tahun 2009

Berikut ini adalah pengumuman sertifikasi guru tahun 2008 kuota tambahan di Rayon 11 Universitas Negeri Yogyakarta  yang diumumkan tepat pada tanggal 31 Desember 2008. Berikut saya sajikan untuk guru di wilayah DIY dan Jateng. Silahkan download berikut di bawah ini!

1. Guru di wilayah DIY

2. Guru di wilayah JATENG

PENGUMUMAN SERTIFIKASI GURU DEPAG 2009

Kepada Bapak Ibu guru di Bawah Departemen Agama yang telah menempuh penilaian sertifikasi lewat portopolio pada akhir Desember 2008 sudah dapat dilihat hasilnya. Berikut saya sampaikan hasil PENGUMUMAN HASIL PENILAIAN PORTOFOLIO SERTIFIKASI GURU DEPARTEMEN AGAMA TAHUN 2008 yang dilaksanakan di Rayin 11 oleh Universitas Negeri Yogyakarta yang diumumkan tepat pada akhir tahun 2008 (31 Desember 2008). Hasil Pengumuman selengkapnya silahkan DOWNLOAD DI SINI.

Untuk Kuota tahun 2009 mulai 25 Agustus 2009 sudah bisa anda akses. Saya baru bisa mengupload sementara di bawah ini:

  1. Peserta sertifikasi di Rayon 14 Universitas Surabaya.


Nah, sementara baru itu yang bisa kita akses, semoga beberapa hari ke-depan sudah bisa bertambah. Harap bersabar!!

Tip Mudah: Mengajarkan Mengarang

Berdasarkan survey yang saya lakukan di setiap sekolah di Jawa Tengah, diketemukan fakta bahwa siswa-siswa kita ternyata mempunyai kemampuan yang sangat rendah dalam hal mengungkapkan gagasan atau ide lewat tulisan. Kemampuan mengungkapkan gagasan dan ide lewat tulisan sering disebut dengan "mengarang". Walaupun sebenarnya antara mengarang dengan menulis itu ada bedanya. Kalau menulis adalah menggungkapkan semua ide atau gagasan dengan menggunakan tulisan.

[caption id="attachment_486" align="alignleft" width="241" caption="Mengarang itu susah?"]Mengarang itu susah?[/caption]

Baik gagasan itu berupa fakta maupun hanya khayalan belaka. Sementara kalau mengarang adalah menulis tanpa harus berdasarkan fakta yang nyata.

Kemampuan mengungkapkan gagasan secara tulis ternyata dirasakan sangat sulit bagi siswa. Apalagi guru sendiri kurang mampu memberikan contoh mengarang dengan baik. Berdasarkan pengamatan saya di banyak kelas saat melakukan pembelajaran mengarang, yang dilakukan oleh bapak/ ibu guru adalah sebagai berikut:

Kamis, 19 Februari 2009

Internet Untuk meningkatkan Mutu Sekolah

Selama 7 hari saya mensurvei PKG-PKG yang ada di 6 Kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Kabupaten-kabupaten tersebut adalah: Klaten, Boyolali, Karanganyar, Kudus, Jepara dan Blora. Adapun tujuan survei adalah untuk melihat potensi sekolah untuk mengakses jaringan internet.

[caption id="attachment_477" align="alignleft" width="300" caption="Belajar Internet Bersama"]Belajar Internet Bersama[/caption]

Kemajuan teknologi informasi benar-benar tidak bisa dibendung lagi. Semua informasi tumpah- ruah memenuhi semua ruang gerak manusia yang ada di bumi ini. Kehadiran internet di sekolah-sekolah merupakan kabar gembira bagi para guru dan siswanya. Karena semua kebutuhan belajar ada, dari Informasi yang positif sampai yang negatif ada. Informasi yang bermoral sampai yang tidak bermoral juga ada. Dari yang rasional sampai yang irasional juga tersedia.

Semua itu akan berpengaruh terhadap anak-anak kita. Kita tidak dapat mengendalikan dan juga tidak dapat mencegahnya. Yang bisa kita lakukan adalah memodifikasi   pemanfaatan arus informasi tersebut agar dapat bermanfaat secara positif dan optimal untuk pembelajaran siswa.

Sekolah merupakan tempat pembelajaran siswa harus peka terhadap tuntutan zaman tersebut. Sebab jika tidak pasti sekolah akan ditinggalkan oleh para siswanya. Paling tidak para siswa akan meninggalkan secara mental, karena sekolah kurang lagi memenuhi kebutuhan akan informasi yang mereka butuhkan. Meraka akan tetap bertahan di sekolah barangkali hanya sekedar mempertahankan status sebagai pelajar yang harus tunduk dan patuh kepada institusi yang akan mengeluarkan ijazah baginya. Jadi boleh jadi para siswa berada di sekolah hanyalah hadir secara fisik, namun secara mental tidak berada lagi di sekolah.

Untuk itulah Pusat Sumber Belajar Gugus (PSBG) di jawa tengah mulai merintis untuk memfasilitasi sekolah-sekolah yang ada di sekitar PSBG untuk dapat mengakses internet.

Senin, 16 Februari 2009

Prediksi Soal Ujian Nasional SMP/MTs 2009

Bagi bapak/ ibu yang mempunyai anak kelas 3 SMP/ MTs dan sedang mempersiapkan mereka untuk menghadapi ujian nasional, berikut saya sediakan soal-soal try out untuk 4 mata pelajaran. Soal-soal tersebut ditulis oleh SEBARIN.COM. Silahkan download di bawah ini!

  1. Bidang Studi Bahasa Indonesia

  2. Bidang Studi Bahasa Inggris

  3. Bidang Studi Matematika

  4. Bidang Studi IPA

Senin, 09 Februari 2009

Prediksi Soal UASBN SD/MI tahun 2009

Bagi Bapak Ibu guru SD/MI yang pengen melaksanakan try out untuk pelaksanaan UASBN tahun 2009, barangkali soal-soal try out berikut dapat membantu anda. SILAHKAN DOWNLOAD saja di sini.

Namun berdasarkan banyak masukan dari teman2 pengguna, link yang kami berikan di sini dalam bentuk emage di picasa. Dulu sebelum bentuk emage, adalah dalam bentuk file dokumen biasa dan saya taruh di http://www.2shared.com. Namun karena banyak yang menemukan kegagalan saat download, maka saya coba rubah ke dalam bentuk image di picasa, dengan harapan saat dibuka langsung bisa di save. Model ini ternyata lebih cepat karena tidak perlu download. Caranya buka linknya- kemudian klik image yg berisi soal-soal-klik kanan-save as picture- dan anda SUKSES. Memang kelemahannya adalah soal gak bisa diedit oleh anda.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba:

  1. UASBN INDONESIA

  2. UASBN MATEMATIKA

  3. UASBN IPA

Kamis, 05 Februari 2009

PAKET PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA SEDERHANA


Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang memberikan pengalaman kepada anak didik untuk mengalami langsung tentang berbagai kompetensi yang akan diajarkan. Namun demikian sekolah-sekolah di Indonesia kebanyakan menghadapi kendala dalam hal pendanaan dan waktu yang dibutuhkan juga lebih lama.

Untuk menyikapi hal itu jalan keluarnya agar bisa tetap memberikan pengalaman yang konkrit (walaupun tidak langsung mengalami), adalah dengan menggunakan alat peraga. Sekarang sudah banyak alat peraga pabrikan yang disediakab bagi sekolah yang mampu untuk membelinya.

Namun alternatif tersebut juga masih jauh panggang dari api. Kenyataan riil sekolah-sekolah yang ada di Indonesia tidak cukup mampu untuk membeli alat-alat peraga buatan pabrik tersebut. Apalagi bagi SD/MI yang muridnya sedikit dan bertempat di daerah terpencil.

Bagaimana solusinya?

PAKET PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA SEDERHANA


Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang memberikan pengalaman kepada anak didik untuk mengalami langsung tentang berbagai kompetensi yang akan diajarkan. Namun demikian sekolah-sekolah di Indonesia kebanyakan menghadapi kendala dalam hal pendanaan dan waktu yang dibutuhkan juga lebih lama.

Untuk menyikapi hal itu jalan keluarnya agar bisa tetap memberikan pengalaman yang konkrit (walaupun tidak langsung mengalami), adalah dengan menggunakan alat peraga. Sekarang sudah banyak alat peraga pabrikan yang disediakab bagi sekolah yang mampu untuk membelinya.

Namun alternatif tersebut juga masih jauh panggang dari api. Kenyataan riil sekolah-sekolah yang ada di Indonesia tidak cukup mampu untuk membeli alat-alat peraga buatan pabrik tersebut. Apalagi bagi SD/MI yang muridnya sedikit dan bertempat di daerah terpencil.

Bagaimana solusinya?

Kami menyediakan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Kami menyedikan pelatihan untuk membuat alat-alat peraga sederhana. Alat peraga sederhana bisa dibuat dari barang-barang bekas seperti bekas botol minuman kemasan, kaleng bekas, kain bekas, kardus, koran dan sebagainya. Selain itu alat peraga sederhana juga dapat memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar, seperti: ranting, dedauan, bebatuan, dan sebagainya.


Pelatihan ini membutuhkan waktu 2 hari. Adapun materi pelatihan yang bisa diterima oleh teman-teman guru antara lain:


  1. Apa dan Mengapa perlu alat peraga.

  2. Keuntungan menggunakan alat peraga sederhana

  3. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.

  4. Contoh berbagai alat peraga sederhana dan cara membuatnya

  5. Praktik langsung pembuatan alat peraga sederhana.

  6. Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran (simulasi)

(Hubungi kami di: sunartombs@gmail.com)

PAKET PELATIHAN PAKEM


Jika teman-teman guru menghendaki pelatihan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan), kami menyediakan 7 paket, yaitu:

1. WIAL (What is active learning) 2 hari
2. Pembuatan Alat Peraga Sederhana 2 hari
3. PAKEM Matematika 3 hari
4. PAKEM Bahasa Indonesia 3 hari
5. PAKEM IPA 3 hari
6. PAKEM Tematik 2 hari
7. Pengelolaan kelas PAKEM 1 hari

PAKET PELATIHAN PAKEM


Jika teman-teman guru menghendaki pelatihan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan), kami menyediakan 7 paket, yaitu:


1. WIAL (What is active learning) 2 hari
2. Pembuatan Alat Peraga Sederhana 2 hari
3. PAKEM Matematika 3 hari
4. PAKEM Bahasa Indonesia 3 hari
5. PAKEM IPA 3 hari
6. PAKEM Tematik 2 hari
7. Pengelolaan kelas PAKEM 1 hari

Jika paket-paket tersebut dilaksanakan secara detil dan mendalam memang membutuhkan waktu sekitar 16 hari.

Namun jika pelatihan PAKEM dikemas dalam paket hemat dan semua paket tersebut tetap bisa dilatihkan, walaupun kurang mendalam dari 7 paket tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 3 hari saja.


Materi apa saja yang dapat diterima oleh teman-teman guru dalam setiap paket pelatihan tersebut? Materi dari setiap Paket pelatihan PAKEM tersebut secara singkat dapat saya jelaskan sebagai berikut:


A. Untuk Paket Pelatihan WIAL (What Is Active Learning)

Materi yang dapat diterima dari peserta pelatihan, antara lain:


  1. Apa dan mengapa itu PAKEM?

  2. Model-model pembelajaran PAKEM

  3. Rencana Pembelajaran yang PAKEM

  4. Menyusun instrumen penilaian yang PAKEM

  5. Cooperative Learning

  6. Pajangan PAKEM

  7. Penataan kelas PAKEM

  8. Simulasi Pembelajaran PAKEM

Rabu, 04 Februari 2009

Peningkatan Mutu Sekolah: Guru tua tidak potensi lagi?

"Guru-guru kami sudah tua-tua".

"Siswanya bodoh-bodoh"

"Orang tuanya miskin-miskin"

"lingkungannya kurang memperhatikan terhadap kemajuan sekolah",

[caption id="attachment_441" align="alignleft" width="300" caption="Strategi Keberhasilan"]Strategi Keberhasilan[/caption]

begitulah antara lain jawaban dari kepala sekolah saat menjawab pertanyaan: "Apa yang menyebabkan sekolah bapak/ Ibu susah maju. Mendapatkan jawaban yang demikian saya lantas berpikir, kenapa mereka selalu menyalahkan faktor yang sebenarnya tidak pernah menjadi penyebab (kambing hitam).

Pada Pelatihan PENINGKATAN MUTU SEKOLAH kali ini saya mengambil inisiatif untuk

Senin, 02 Februari 2009

Tips Menjadi Fasilitator/ Trainer Yang Mengesankan

"Pandangan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda.” Begitu bunyi salah satu bunyi iklan salah satu parfum terkenal yang ada di televisi. Iklan itu dibuat pastilah dibuat dengan maksud bukan hanya sebagai magnet untuk menarik konsumen, namun lebih dari itu si penjual ingin meyakinkan kepada seluruh orang bahwa setelah memakai parfum tersebut, si pemakai akan ”menggoda” untuk menjadi sesuatu yang spesial bagi orang lain.

[caption id="attachment_422" align="alignleft" width="300" caption="Sunarto Fasilitator yang mengesankan"]Sunarto Fasilitator yang mengesankan[/caption]

Seorang fasilitator/ Trainer  tentu juga menginginkan tetap mengesan di hati para pesertanya. Kesan pertama akan sangat menentukan ”marketable” seorang fasilitator. Fasilitator/ trainer  yang mampu membuat para pesertanya terkesan, akan membuat fasilitator yang bersangkutan semakin laku. Paling tidak apa yang disajikan olehnya akan tetap diingat oleh para peserta yang pernah dilatihnya.
Berbagai tips membuat kita sebagai fasilitator mengesan, antara lain:

Tips Menjadi Fasilitator yang menarik

Fasilitator mempunyai banyak kesamaan dengan seorang artis. Kalau seorang artis akan tampil dipanggung untuk bernyanyi atai bersandiwara, sedangkan bagi seorang fasilitator tampil adalah untuk menyajikan materi pelatihan. Berbagai upaya dilakukan oleh seorang artis untuk menarik perhatian para penontonnya, seperti memakai pakaian mencolok dengan rambut disemir. Melantunkan lagu-lagu baru dengan memadukan koreografi yang berbeda dari biasanya.

[caption id="attachment_419" align="alignleft" width="300" caption="Sunarto Fasilitator yang menarik"]Sunarto Fasilitator yang menarik[/caption]

Apakah fasilitator perlu juga berupaya menarik perhatian bagi para peserta? Jawabnya adalah YA. Fasilitator adalah publik figur (pusat perhatian) bagi para peserta pelatihan. Seorang yang menjadi publik figur tentulah harus tetap menarik dilihat kapanpun dan di manapun. Tentu teknik-teknik menarik perhatian seorang fasilitator akan berbeda dengan seorang artis. Karena seorang fasilitator tetap berfungsi sebagai ”guru” bagi para pesertanya, maka harus tetap memperhatikan norma-norma tertentu yang dapat dijadikan sebagai panutan bagi para ”muridnya”.
Berdasarkan survei yang pernah dilakukan oleh penulis, fasilitator yang kurang menarik adalah sebagai berikut:

Tips untuk menjadi Fasilitator yang Percaya Diri

[caption id="attachment_414" align="alignleft" width="176" caption="Sunarto Fasilitator Percaya Diri"]Sunarto Fasilitator Percaya Diri[/caption]

Percaya diri merupakan hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang fasilitator. Fasilitator yang kurang memiliki rasa percaya diri akan banyak menghadapi kendala ketika menyajikan materi dihadapan para peserta. Hal-hal yang mungkin terjadi jika fasilitator tidak memiliki rasa percaya diri yang kuat, antara lain:

(1) Lupa mengungkapkan kata-kata yang harus disampaikan, padahal sudah direncanakan dengan baik,

(2) Materi yang disampaikan lebih cepat selesai dari yang direncanakan, padahal waktu masih lama,

(3) menjadi kurang jernih dalam menanggapi permasalahan yang muncul dalam pelatihan,